Rabu, 23 Juli 2014
     
Home Politika Ada Indikasi Sengketa Caleg

Ada Indikasi Sengketa Caleg

224
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

BANDARLAMPUNG – Memasuki hari kedua pengajuan sengketa calon anggota (caleg) kemarin masih nihil laporan. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung menemukan indikasi akan ada sengketa caleg yang tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2014.

Komisioner Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, setelah diumumkannya DCT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada (22/8) lalu, disediakan waktu tiga hari untuk pengajuan gugatan sengketa ke Bawaslu dari caleg yang tak masuk DCT. ’’Masa pengajuan terhitung tiga hari kerja yaitu Jumat (23/8), Senin, dan Selasa (26-27/8),’’ kata Khoir –sapaan Fatikhatul– kemarin.

Meski belum ada laporan, indikasi adanya sengketa caleg ditemukan di Tulangbawang. Bawaslu menerima laporan ada salah satu caleg yang diduga pernah dipidana selama lima tahun namun tetap masuk dalam DCT.

    ’’Informasi yang kita terima seperti itu. kita sudah minta tim di kabupaten Tuba untuk mencari informasi yang lebih jelas karena datanya belum valid, jadi belum bisa kita publik,’’ lanjutnya.

Dilanjutkan, gugatan caleg diterima Bawaslu paling hingga besok (27/8). ’’Jika sampai hari terakhir tidak ada gugatan yang masuk, menunjukkan KPU sudah melakukan pengecekan berkas sesuai dengan prosedur yang ada. Pengawasan yang kita lakukan sebelum DCT bisa jadi juga mencegah munculnya sengketa. Kalau memang tidak ada ya tidak ada yang harus kita selesaikan,’’ tandasnya.  (gyp/p7/c3/gus)


Advertise