Sabtu, 19 April 2014
     
Home Politika Nasib Balonkada Segera Diumumkan

Nasib Balonkada Segera Diumumkan

197
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

KOTABUMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara masuk tahapan penetapan bakal calon kepala daerah (balonkada). Rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati dijadwalkan digelar 1-2 Agustus. ’’Tentunya kami akan menggelar rapat pleno dahulu tanggal 1-2 Agustus untuk menentukan siapa saja yang lolos menjadi peserta pilkada,” ujar Ketua KPU Lampura Hi. Marthon kemarin (29/7).

Menurut dia, pada tanggal tersebut akan diputuskan nasib balonkada untuk ditetapkan menjadi peserta Pilkada Lampura 2013. ’’Baru pada 3 Agustus, kami umumkan penetapan calon,” tuturnya.

Adapun tolok ukur penilaian bakal calon lolos menjadi calon, imbuh dia, berdasarkan tahapan sebelumnya yang sudah diselesaikan KPU. Mulai verifikasi administrasi, verifikasi faktual, hingga keaslian ijazah bakal calon.     ’’Semua sudah kami selesaikan. Termasuk tahapan tes kesehatan juga telah kami terima dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) wilayah Lampung,” ujar Marthon seraya mengatakan, selama ini proses verifikasi itu dilakukan secara terbuka dan tak ada rekayasa.

Abdi Amankan Suara dengan Internet

Sementara itu, koalisi partai politik pendukung pasangan Agung Ilmu Mangkunegara-Paryadi (Abdi) yang menamakan diri Koalisi Pejuang Perubahan (Kopper) menyiapkan perangkat eletronik menggunakan jaringan internet untuk mengamankan suara hasil pilkada 9 September mendatang.

Wakil Sekretaris Kopper Andi Idrus mengatakan, langkah ini disiapkan pihaknya untuk mengantisipasi adanya kesalahan atau kecurangan yang dilakukan penyelenggara pemilu baik di tempat pemungutan suara (TPS) hingga penghitungan di KPU.

’’Kami tidak mau suara masyarakat dalam pilkada nanti sia-sia akibat ulah oknum penyelenggara pemilu yang sengaja melakukan kecurangan. Kami sudah antisipasi dengan perangkat berjaringan internet agar lebih cepat,” tukasnya.

Adapun cara kerjanya, lanjut Andi, lima kader parpol pengusung Abdi, relawan dan simpatisan Abdi akan meng-input hasil pemungutan suara secara online dan dipantau oleh tim. Secara teknis berbeda dengan quick count (hitung cepat) lembaga survei yang memakai short message service (SMS).  

’’Kami akan bentuk tim dan operator yang sudah profesional. Ini akan menjadi semangat rekan-rekan yang satu suara, yakni pejuang perubahan. Target kami, tak ada satu suara pun milik Abdi yang hilang akibat permainan kotor. Kami memakai tim yang sudah profesional di bidangnya. Jadi tingkat kesalahan hanya nol koma nol,” tegas sekretaris DPC Partai Hanura Lampura ini. (rid/rnn/p4/c1/gus)


Advertise