Sabtu, 2 Agustus 2014
     
Home Politika Unila Umumkan 1.690 Mahasiswa Baru

Unila Umumkan 1.690 Mahasiswa Baru

1131
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

BANDARLAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) kemarin mengumumkan hasil verifikasi berkas peserta seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Mereka yang namanya tercantum dalam pengumuman bernomor 3489/UN26/DT/2013 itu dinyatakan resmi menjadi mahasiswa kampus hijau tersebut.

Mahasiswa baru ini mencapai 1.690 dari keseluruhan jumlah pendaftar 1.919 orang. ’’Mereka tersebar di delapan fakultas yang ada di Unila,’’ beber Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila M. Komarudin kemarin.

Fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak berada di keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), yakni 517 orang. Kedua di fakultas pertanian sebanyak 261 orang. Berikutnya berturut-turut fakultas teknik (186) serta fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) berjumlah 184 orang.

Lalu, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) yang mencapai 177 orang serta fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) 149 orang. ’’Kemudian fakultas hukum 146 orang dan terakhir fakultas kedokteran 70 orang,’’ terang Komar –sapaan akrab Komarudin.

    Proses registrasi mahasiswa baru ini dilakukan pada 24–26 Juli 2013 di bagian akademik Unila. Persisnya gedung rektorat lantai dasar mulai pukul 09.00–14.00 Wib.

Mahasiswa diwajibkan membawa kartu SNMPTN asli, surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) asli yang difotokopi dan dilegalisasi sebanyak dua lembar; Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing dua lembar; formulir biodata, formulir kartu tanda mahasiswa (KTM); Pernyataan kode etik yang telah diisi (formulir dapat diunduh di Error! Hyperlink Reference Not Valid, fotokopi bukti pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) sebanyak dua lembar.

    ’’Pengumuman besaran biaya UKT bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus ini akan disampaikan pada 22 Juli 2013 juga melalui website resmi Unila www.unila.ac.id,’’ terang Komar.

    Sementara itu, sesuai jadwal penyerahan berkas UKT untuk mahasiswa jalur seleksi bersama masuk PTN (SBMPTN) Unila dilakukan kemarin hingga Jumat (10–12/7). Mereka-mereka ini telah dinyatakan lulus berdasarkan pengumuman Nomor 3490/UN26/DT/2013.

Pembantu Rektor II  Unila  Dr. Ir. Dwi Haryono, M.S. menjelaskan, tim verifikasi keuangan langsung turun tangan untuk mempercepat proses verifikasi UKT 2013. ’’SNMPTN kan hanya nilai rapor. Jadi, butuh verifikasi akademik dan verifikasi keuangan. Sedangkan kalau SBMPTN kita kan sudah tahu kemampuan dia, jadi ya langsung saja tim keuangan yang turun,’’ ucapnya. (gie/p3/c3/ade)


Advertise