Kamis, 2 Oktober 2014
     
Home Pendidikan Puluhan Kasus Korupsi di Anggaran Pendidikan

Puluhan Kasus Korupsi di Anggaran Pendidikan

697
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkapkan bahwa anggaran pendidikan rawan dikorupsi. Terbukti, sepanjang tahun 2012, ada 40 kasus korupsi bidang pendidikan yang mewarnai dunia pendidikan nasional.

’’Korupsi bidang pendidikan masih banyak terjadi. Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2011 di Kemendikbud mendapat opini disclaimer. Itu bukti ada masalah dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan di Kementerian Pendidikan,” kata peneliti ICW Siti Juliantari dalam konferensi pers ICW dan Koalisi Pendidikan di Jakarta kemarin (2/1).

Berdasarkan data ICW, selama tahun 2012 ada 40 kasus korupsi bidang pendidikan. Modusnya pun bermacam-macam. Mulai laporan kegiatan dan proyek fiktif 8 kasus, markup 7 kasus, dan pungli/pemotongan/pemerasan 4 kasus. Kemudian penggelapan 18 kasus serta penyalahgunaan/penyelewengan anggaran 6 kasus. ’’Akibatnya, negara dirugikan hingga Rp138 miliar lebih,” kata Siti.

Ditinjau dari tempat terjadinya korupsi, dari 40 kasus, paling banyak terjadi di Dinas Pendidikan sebanyak 20 kasus. Kemudian diikuti perguruan tinggi dan sekolah. Hal ini memperlihatkan bahwa korupsi di sektor pendidikan terjadi dari tingkat paling kecil hingga tinggi.

Berdasarkan angka, tercatat korupsi pendidikan di Dinas Pendidikan ada 20 kasus, DPRD 1 kasus, Kanwil Kemenag 2 kasus, perguruan tinggi 9 kasus, dan sekolah 8 kasus. Khusus di sekolah, biasanya terjadi penyalahgunaan dana BOS yang dilakukan Kepsek dan bendahara sekolah.

’’Di RSBI juga ada masalah karena ketika sekolah dibolehkan pungut biaya dari masyarakat, tanpa tata kelola di sekolah, juga rawan diselewengkan sekolah. Seperti di SMA 70, dana dari masyarakat digunakan untuk gaji Kepsek antara Rp20-30 juta per bulan di luar gajinya sebagai PNS,” sebutnya. (jpnn/p3/c1/gus)

Mutiara Edukasi

Nabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik Unila Asal FKIP Jurusan Seni TariNabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik...
article thumbnailSejak Kecil Sukai Seni Tari, Tak Menyangka Jadi Lulusan Terbaik
SEBANYAK 1.374...