Senin, 22 September 2014
     
Home Lampung Raya Lamtim - Lamsel Ribuan Siswa Miskin Lamsel Dapat Bantuan

Ribuan Siswa Miskin Lamsel Dapat Bantuan

680
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

KALIANDA – Kabar gembira bagi siswa miskin di Lampung Selatan (Lamsel). Rencananya, tahun ini pemerintah pusat memberikan bantuan biaya pendidikan mereka. Tidak tanggung-tanggung, lebih dari setengah siswa miskin di kabupaten tersebut yang akan dibantu biaya pendidikannya.

Kadisdik Drs. Hi. Sulpakar, M.M. melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Dikdas) Dra. Andriyani mengatakan, dari 22.042 siswa miskin di kabupaten Serambi Pulau Sumatera ini, 15.180 yang akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah pusat. Rinciannya 3.223 siswa sekolah dasar dan 11.957 siswa sekolah menengah pertama.

Andriyani mengungkapkan, sebenarnya pihaknya telah mengajukan seluruh siswa miskin di Lamsel untuk mendapatkan bantuan. Namun, pemerintah pusat hanya merealisasikan untuk 15.180 siswa. ’’Nah, untuk siswa yang tidak dapat bantuan dari pusat, kita upayakan melalui APBD,’’ tuturnya kepada wartawan belum lama ini.

Dia menjelaskan, bantuan dari pemerintah pusat kepada siswa dari keluarga miskin ini bertujuan membantu siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Selain itu, juga untuk menyukseskan program pemerintah wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.

Wanita berkerudung ini mengungkapkan, bantuan yang diberikan pemerintah kepada siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu itu sebesar Rp360 ribu untuk siswa SD selama satu tahun. Sementara, untuk SMP Rp550 ribu setahun. ’’Pemberiannya dilakukan setiap enam bulan sekali kepada yang bersangkutan,’’ ujar dia.

Dia juga meminta kepada siswa miskin yang belum menerima bantuan ini untuk bersabar. Diharapkan, tahun berikutnya akan mendapatkan bantuan tersebut. Di sisi lain, Andriyani berjanji pihaknya akan terus berupaya memajukan dunia pendidikan di Lamsel, sehingga, semua masyarakat di kabupaten itu bisa mengenyam bangku pendidikan.

’’Kami juga minta dukungan masyarakat dan semua pihak terkait lainnya untuk memajukan dunia pendidikan di Lamsel. Kami optimistis, dengan adanya peran semua pihak, ini akan tercapai,’’ pungkasnya. (dur/p7/c3/whk)

:: Rakyat Lampung | Trans Lampung | Radar Lamteng | Radar Metro | Radar Kotabumi ::
:: Radar Lamsel | Radar Tanggamus | Lampung News Paper | Radar Lambar | Radar Tuba ::
:: Senator Lampung ::