Jum'at, 29 Agustus 2014
     
Home Lampung Raya Lamteng - Metro Dewan Minta Diskes Optimalkan Posyandu

Dewan Minta Diskes Optimalkan Posyandu

578
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

GUNUNGSUGIH – Komisi IV DPRD Lampung Tengah meminta Dinas Kesehatan (Diskes) setempat mengoptimalkan gerakan pos pelayanan terpadu (posyandu). Ini dilakukan untuk mendeteksi dan menekan angka penyakit gizi bagi balita.

’’Kami sangat mengapresiasi sidak yang dilakukan Wakil Bupati Lamteng Mustafa ke rumah sakit. Kami sepakat dengan beliau agar Diskes mengoptimalkan gerakan posyandu,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Lamteng Roni Ahwandi.

Dia meminta kepada para kader posyandu agar proaktif dalam menyikapi orang tua yang "enggan" ke posyandu untuk memeriksakan balitanya.

’’Apabila ada masyarakat yang memiliki balita itu ada yang tidak berangkat ke posyandu, Diskes kan bisa mengecek dan memberikan motivasi kepada mereka melalui kader-kader puskesmas atau posyandu yang ada. Supaya mereka mau datang dan bisa meminimalisasi gizi buruk tadi,” beber politisi Partai Golkar itu.

Dengan demikian, terus Roni, penyebaran penyakit gizi buruk bisa diantisipasi lebih dini. Sehingga penanganan-penanganan lebih lanjut akan lebih mudah dilakukan. ’’Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan lamalah. Jangan sudah ada korban, kita baru bertindak. Kalau bisa zero kasus, kenapa tidak iya kan,” katanya.

Komisi IV, sambung Roni, meminta Diskes introspeksi diri terkait adanya temuan penyakit gizi buruk di daerah setempat. ’’Kami mengimbau Diskes introspeksi dirilah, kenapa gizi buruk masih ada dan mengkhawatirkan. Yang terdeteksi sementara ini kan ada tiga, tapi tidak menutup kemungkinan kan ada yang lain,” ujar Roni.

Karena itu, dalam waktu dekat ini komisi IV akan turun ke masyarakat untuk mengetahui pelayanan yang sudah diterapkan Diskes melalui posyandu. ’’Kami juga akan memanggil Diskes untuk menjelaskan kasus ini,” ungkap Roni.

Komisi IV juga meminta pihak RSUD Demang Sepulau Raya memberikan pelayanan sepenuhnya kepada tiga pasien gizi buruk yang kini tengah dirawat.

Diketahui, beberapa hari lalu Mustafa melakukan sidak ke RSUD Demang Sepulau Raya setelah mendapat kabar adanya pasien gizi buruk dari kabupaten setempat.

Ketika sidak, Mustafa mendapati tiga balita menderita gizi buruk yang tengah menjalani rawat inap di RSUD Demang Sepulau Raya. Yakni Saputra Apriansyah asal Dusun Sendangagung. Balita berumur 11 bulan ini menderita gizi buruk disertai gangguan jantung. Kemudian Yusriatul, warga Dusun Kutobinangun, Sendangagung. Balita berumur 20 bulan ini didiagnosis murni gizi buruk dan gangguan mental. Sedangkan pasien gizi buruk ketiga adalah Husnatun asal Bumikencana, Kecamatan Seputihagung, berumur 22 bulan.

’’Biaya perawatan pasien gizi buruk ini gratis. Karena ini sudah masuk dalam alokasi dana kesehatan APBD Lamteng,” ungkap Mustafa. (jar/p3/c2/adi)

 

:: Rakyat Lampung | Trans Lampung | Radar Lamteng | Radar Metro | Radar Kotabumi ::
:: Radar Lamsel | Radar Tanggamus | Lampung News Paper | Radar Lambar | Radar Tuba ::
:: Senator Lampung ::