Jum'at, 25 Juli 2014
     
Home Lampung Raya Lamteng - Metro Lamteng Miliki Perda Pengelolaan Zakat

Lamteng Miliki Perda Pengelolaan Zakat

834
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

GUNUNGSUGIH – DPRD Lampung Tengah mengesahkan dua raperda menjadi perda melalui sidang paripurna kemarin (13/3). Dua perda itu tentang pertanggungjawaban kepala kampung dan Badan Permusyawaratan Kampung. Kemudian tentang pengelolaan zakat. Paripurna dihadiri 36 dari 48 anggota DPRD setempat.

Dalam perda diatur bahwa Kakam berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat dengan dilandaskan pada adat istiadat setempat.

’’Sehingga dalam membuat LKPj., Kakam berpedoman pada raperda ini. Selain itu, juga agar adat istiadat dari daerah setempat terus terlestarikan,’’ ujar Ketua Komisi I DPRD Lamteng Bambang Suryadi yang menjadi ketua pansus tentang pertanggungjawaban Kakam dan BPK.

Menurutnya, dengan disahkan raperda ini, Lamteng telah melakukan pengejawantahan Pasal 15 PP No. 72/2005 tentang Desa.

Riswan Rody sebagai ketua pansus tentang pengelolan zakat, mengatakan, dengan adanya perda zakat, Lamteng mempunyai aturan dalam hal pengelolaan zakat yang didasarkan atas tuntunan agama Islam.

’’Badan Amil Zakat Nasional kabupaten dapat membentuk amil zakat dengan melalui perizinan langsung dari menteri maupun pejabat yang ditunjuk menteri,’’ sebut Miswan. Ia menambahkan, perda ini bertujuan menjalankan zakat, sehingga tidak lagi tumpang tindih dalam penyalurannya.

Sementara itu, Bupati A. Pairin menyatakan, kedua perda ini sangat urgen demi pembangunan Lamteng.

’’Adanya raperda Kakam, pengelolaan kampung menjadi lebih baik. Kakam mempunyai hak dan kewajiban dalam mempertanggungjawabkan apa yang dikerjakan dalam pemerintahannya,’’ sebab Pairin.

Terkait raperda zakat, Pairin menegaskan, segera mengeluarkan peraturan bupati. ’’Bukan semata-mata pemerintah daerah yang mengatur zakat ini. Tapi juga bekerja sama dengan legislatif dalam hal pengaturan dan pengelolaannya. Masalah zakat bukanlah hal mudah, karena menyangkut agama,’’ tuturnya. (jar/c3/adi)

 

:: Rakyat Lampung | Trans Lampung | Radar Lamteng | Radar Metro | Radar Kotabumi ::
:: Radar Lamsel | Radar Tanggamus | Lampung News Paper | Radar Lambar | Radar Tuba ::
:: Senator Lampung ::