Kamis, 24 Juli 2014
     
Home Lampung Raya Lambar - Waykanan Cek Lokasi Pesisir Barat

Cek Lokasi Pesisir Barat

1692
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

LIWA – Pemkab Lambar mengecek dan memeriksa kelaikan bangunan yang akan dijadikan lokasi perkantoran pegawai Sekretariat Kabupaten Pesisir Barat kemarin. Hadir dalam pengecekan itu Kepala Badan Pemerintahan Pemberdayaan Masyarakat Pekon Lambar Drs. Ismet Inoni, M.M., Kepala Bagian Pemerintahan Yudha Setiawan, dan Camat Pesisir Tengah Edy Mukthar.

Bangunan yang diperiksa kelaikannya, antara lain eks kantor perpajakan, eks kantor pengembangan rehabilitasi tanaman ekspor (PRTE), kantor UPTD kehutanan, eks bangunan SMPN 1 Bagian Selatan, dan rumah warga yang bakal menjadi rumah dinas Pj. Bupati.

Demikian juga eks kantor Camat Krui Selatan yang merupakan bangunan milik BP4K Lambar di Pekon Mandirisejati. Di mana, yang juga akan difungsikan menjadi salah satu kantor Dinas Pesisir Barat. ’’Kita mendata dan memastikan kelaikannya nantinya ketika dibutuhkan sudah siap untuk digunakan,’’ urai Ismet.

Ia menjelaskan, rencananya hasil pengecekan tim kabupaten tersebut diusulkan sepuluh dinas, tiga badan, serta tiga kantor. Antara lain, Dinas Kesehatan, Pendidikan, dan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga; Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif’ Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan; serta Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.

Lalu Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pertambangan dan Energi, serta Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan.

Kemudian, Dinas Perhubungan Informasi dan Informatika, DPPKAD, Badan BPMPP dan KB, Inspektorat, dan Bappeda, serta kantor Kesbangpol, Satpol PP, dan Lingkungan Hidup dan UKM.

Mengenai keputusan final, terang Ismet, diserahkan kepada pemerintah pusat dan Pemprov Lampung. Sementara mengenai pembenahan selanjutnya bangunan-bangunan itu sepenuhnya merupakan wewenang Pemkab Pesisir Barat.

Yudha menambahkan, dibutuhkan peran serta warga pesisir bersama pemerintah setempat untuk membersihkan dan merapikan bangunan-bangunan yang nantinya akan berfungsi sebagai kantor dinas dan badan KPB.

Menurutnya, dalam pemeriksaan yang dilakukan, masih ditemukan bangunan yang masih ditempati warga yaitu eks kantor pengadilan yang berada di Pasar Mulia, Kelurahan Pasar Krui, meskipun belum ada keputusan untuk difungsikan sebagai kantor dinas atau badan, namun warga yang menempati bangunan tersebut telah menyatakan kesediaannya untuk pindah jika seandainya bangunan tersebut akan digunakan untuk kantor salah satu badan atau dinas KPB.

’’Kita sudah memeriksa, dan hasilnya akan dilaporkan dan diajukan kepada pemerintah pusat dan provinsi yang nanti memutuskan berapa dinas badan, dan kantor yang akan beroperasi di KPB untuk tahap awal, tetapi dalam hal ini beberapa bangunan yang telah diusulkan memang butuh dilakukan pembersihan sekitar bangunan dan sedikit perbaikan ringan agar nantinya pada saat ditempati kondisinya sudah siap,’’ bebernya.

Sementara Edy Mukthar mengatakan, pihaknya bersama warga akan segera melakukan gotong-royong guna membersihkan dan melakukan perapian bangunan-bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai kantor para pegawai Pesisir Barat. ’’Kami segera melakukan pembersihan bangunan-bangunan yang akan digunakan sebagai kantor dinas, badan pemerintah Pesisir Barat,’’ pungkasnya. (gyp/p2/c3/whk)

:: Rakyat Lampung | Trans Lampung | Radar Lamteng | Radar Metro | Radar Kotabumi ::
:: Radar Lamsel | Radar Tanggamus | Lampung News Paper | Radar Lambar | Radar Tuba ::
:: Senator Lampung ::