Kamis, 24 April 2014
     
Home Berita Utama Gaji Ke-13 Pensiunan Cair 18 Juli

Gaji Ke-13 Pensiunan Cair 18 Juli

960
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Kecuali Mantan Pejabat Harus Memilih
BANDARLAMPUNG - Kabar gembira bagi penerima uang pensiun pegawai negeri sipil, TNI/Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan. Dalam beberapa hari ke depan, tepatnya Kamis (18/7), gaji ke-13 pensiunan cair. Penegasan ini dilontarkan Sekretaris PT Taspen Sudiyatmoko Sentot Sudiro.  ’’Pembayaran dilakukan serentak di kantor bayar pensiun di seluruh Indonesia,’’ ujarnya melalui keterangan resmi kemarin (15/7).

    Dia menyebutkan, untuk pembayaran gaji ke-13 pensiunan ini, Taspen menyiapkan dana sebesar Rp1,6 triliun, yang akan dibayarkan kepada 2,3 juta pensiunan.

    ’’Kepada para mitra bayar pensiunan, kami ingatkan bahwa gaji pensiun tidak boleh dikenai potongan apa pun,” tegasnya.

    Selain itu, lanjut dia, Taspen juga mengingatkan agar pensiunan setiap bulan rutin mengambil uang pensiunannya sesuai jadwal pengambilan atau maksimal enam bulan sekali agar tidak menumpuk. ’’Selain itu, para pensiunan harus berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan PT Taspen,’’ ujarnya.

    Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agus Suprijanto mengatakan, pembayaran gaji ke-13 maupun pensiun ke-13 harus segera dilakukan. ’’Sebab, ini bagian dari upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat akibat naiknya harga kebutuhan pokok sebagai imbas kenaikan harga BBM,” jelasnya.

    Terpisah, PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bandarlampung sudah menyiapkan dana Rp91.638.593.700 untuk 44.368 pensiunan di Lampung. ’’Kami harapkan dapat membantu mereka yang tengah menyiapkan buku untuk anaknya pada tahun ajaran baru, sekaligus memenuhi kebutuhan pokok menjelang Lebaran,” kata Kepala Cabang Taspen Bandarlampung Syamsuri Sekarjaya didampingi humasnya Sudarmono kemarin.

    Ia melanjutkan, pembayaran pensiunan bulan ke-13 tahun 2013 ini akan dilakukan melalui dua cara. Yakni lewat tunai di kantor pos pada 18-22 Juli 2013 dan lewat rekening di bank mulai 18 Juli 2013.

    ’’Bank mitra Taspen di antaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BTPN, Bank Lampung, dan BJB,” sebutnya.

    Syamsuri menuturkan, perhitungan gaji ke-13 pensiunan meliputi pensiun pokok ditambah tunjangan keluarga, tambahan penghasilan (TP), tunjangan cacat, dan pembulatan serta tidak dikenakan potongan asuransi kesehatan.

    Bagi pensiunan yang menerima lebih dari satu penghasilan gaji/tunjangan bulan ke-13 hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.

    ’’Misalnya Anda seorang pensiunan bupati sekaligus pensiunan Dinas Kesehatan, yang bisa diambil hanya satu gaji pensiunan yang menguntungkan,’’ jelasnya.

    Lain halnya dengan penerima pensiun janda/duda yang bisa mendapatkan dua gaji pensiunan sekaligus. ’’Artinya selain sebagai PNS/pejabat negara/penerima pensiun/tunjangan juga diberikan pensiun bulan ke-13,” terang Syamsuri.

    Sedangkan bagi pensiunan PNS eks Departemen Perhubungan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan diatur dalam pelaksanaan tersendiri.  ’’Khusus pensiunan eks PNS perhubungan pada KAI akan diatur waktunya tersendiri,” katanya. (hyt/jpnn/p3/c1/ary)


Info Langganan