Senin, 1 September 2014
     
Home Berita Utama Pro Kemajuan Sepeda

Pro Kemajuan Sepeda

1079
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Tour de Ranau
Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kemajuan olahraga, khususnya sepeda di Lampung, kali ini Radar Lampung bekerja sama dengan Sumber Sepeda Abadi menggelar Wisata Sepeda Tour de Ranau pada 29-30 Maret 2013. ’’Even ini dihelat sebagai bentuk komitmen Radar Lampung dalam mendukung kemajuan olahraga, khususnya sepeda di Lampung. Apalagi banyak goweser profesional Lampung yang tertantang, tetapi belum ada acara yang digelar. Sehingga kami mengadakan kegiatan tersebut,” kata Manager Event Organizer Radar Lampung Liris Vawina kemarin (27/3).

Acara ini dimulai (start) dari Pusat Penyuluhan dan Pengembangan Kopi Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (P3K AEKI) di Hanakau Liwa dengan finis di Danau Ranau Seminung Lumbok. ’’Para peserta pada Jumat tanggal 29 Maret 2013 berkumpul dahulu di Toko Sumber Sepeda Abadi pukul 06.30 WIB. Setelah itu baru ke lokasi P3K AEKI,” ujarnya.

Jadi, kata dia, para peserta akan melewati medan yang berat dan menantang sepanjang 40 kilometer. ’’Kami sudah menyiapkan tiga pos yang akan dilalui goweser profesional, yaitu Pos I Simpang Lombok, Pos II di SMPN 4 Sukau, dan Pos III di puncak pas,” ungkapnya.

Para goweser profesional harus menyelesaikan perjalanan dengan kecepatan maksimum yang ditentukan, yaitu 25 km/jam, dengan dikawal aparat Kepolisian Lambar dan Polda Lampung.

Ditambahkannya, penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kehilangan harta benda peserta yang terjadi selama acara berlangsung dan segala klaim kerugian atau kerusakan yang dialami untuk kerusakan harta benda yang terjadi sebelum, baik selama atau setelah penyelenggaraan yang diakibatkan kelalaian peserta lain atau musibah yang terjadi.

Lebih lanjut Liris mengungkapkan, dalam penutupan even tersebut, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk meraih hadiah lewat undian berupa satu unit sepeda MTB ORBEA TOUBKAL dan beberapa hadiah hiburan dari Viva Cycle. Sedangkan Owner Sumber Sepeda Abadi Junaedi menyebutkan, sebanyak 170 goweser profesional dengan 11 komunitas sepeda di Lampung akan unjuk kebolehan. Yakni Gowes Asik Club (GAC); Semergou; Sumber Jaya Bicycle Community (SBC); Liwa Gowes Community (LGC); Club Sepeda Cantik (CSC)-Pringsewu.

Lalu Elephant Cycling Community-Kotagajah; CSG Pringsewu, Rider Cycling ComunityC, SSC-Lamtim; Rakata; dan Fajar Bulan Cycling Community. ’’Jumlah peserta sesuai target dan terbatas karena mereka adalah pilihan yang biasa bersepeda,” katanya.

Wisata Sepeda Tour de Ranau bukan acara fun bike yang hanya having fun. Para peserta adalah orang-orang yang serius bersepeda karena jarak yang harus ditaklukkan tidak main-main. Apalagi, medan atau jalur pegunungan di Liwa. (hyt/p3/c1/ary)

Info Langganan