Kamis, 24 April 2014
     
Home Bandarlampung Hukum & Kriminal Terdakwa Kasus Korupsi Ditahan

Terdakwa Kasus Korupsi Ditahan

514
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

KETUA Majelis Hakim Ida Ratnawati memerintahkan agar terdakwa kasus dugaan korupsi di Dinas Pekerjaan Umum Pesawaran ditahan terhitung sejak 3 Januari hingga 30 hari ke depan. Kedua terdakwa yang ditahan itu, yakni Arlan Purnama sebagai Plt. direktur CV Karisma Alam dan Sudi Hartono sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). ”Kalau satu berkas lainnya atas nama Refzon, direktur CV Karisma Alam, masih dalam tahap pemberkasan dan belum dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Tanjungkarang,” ungkap Kasipenkum Kejati Lampung Heru Widjatmiko kemarin.

JPU Edwin dalam dakwaannya mengatakan, kedua terdakwa telah melakukan tindak pidana korupsi di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pesawaran tahun anggaran 2010 dengan nilai Rp6,5 miliar dan didapati kerugian negara Rp363 juta.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh kejati, ada hal tidak sesuai dengan aturan dugaan yang bermasalah yaitu proyek pemasangan beronjong, pengerjaan jalan, dan pengerjaan gorong-gorong. Ketiga proyek itu diduga kuat tidak sesuai volume yang ditentukan atau melanggar hukum.

Akibat perbuatannya, kedua terdakwa dikenakan pasal 7 ayat 1 huruf a UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo UU No. 20/2001 tentang Perubahan atas UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP (yud/c2/wdi)